" />
Skip to content

ICMI Muda

Loading...

"Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). QS. Al-Baqarah : 269.

Anda berada disini:    Depan arrow Organisasi arrow Aktifitas arrow 'Sakompo' Solusi Penanganan Poso
'Sakompo' Solusi Penanganan Poso Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Sabtu, 30 Juni 2007

PALU- Ketua Ikatan Cendikiawan Muda Indonesia (ICMI) Pusat AM Ikbal Parewengi Msi mempunyai pandangan tersendiri untuk memberikan solusi penanganan Poso pasca konflik. Menurut Ikbal, solusi yang tepat ialah menciptakan budaya cultural yakni Sakompo yang berarti lahir dalam satu kandungan. Upaya ini terinspirasi oleh tragedi Maluku silam yang berhasil diselesaikan karena keinginan yang kuat dari masyarakat Maluku sendiri.

Menurut Ikbal kasus Poso banyak orang luar menebangkan kepentingannya atas nama penyelesaian kasus Poso. "Yang perlu ditanya baik-baik masyarakat Poso maunya orang poso bagaimana. Jangan poso dijadikan proyek perdamaian. Banyak kepentingan dari luar, muatan politis terlalu tajam dan muatan bisnis perdamaian," tegas Ikbal ditemui usai melantik Pengurur Majelis Pimpinan Wilayah ICMI Sulteng di Aula Manggala Sakti, Korem 132 Tadulako Minggu (12/10).

Untuk menyelesaikan kasus Poso, kata Ikbal perlu didekati dua pendekatan selain pendekatan internal, pertama libatkan orang muda yang cerdas yang berkeindonesiaan kuat, untuk memandang dan mengeksplorasi secara objektif kasus Poso tidak lagi dalam pendekatan kepentingan atau bisnis perdamaian. Yang kedua, semua komponen duduk bersama termasuk penganut aliran kepercayaan. Hadir dalam pelantikan pengurus ICMI Sulteng, Asisten III Pemda Drs. Maksum Makarau Msi dan beberapa perwakilan ormas Islam. (Cr6)
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >