" />
Skip to content

ICMI Muda

Loading...

"Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). QS. Al-Baqarah : 269.

Anda berada disini:    Depan arrow Organisasi arrow Aktifitas arrow Sekolah Gratis untuk Dhuafa
Sekolah Gratis untuk Dhuafa Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Sabtu, 30 Juni 2007

Lembaga Pengembangn Insani Dompet Dhuafa (LPI-DD) bekerjasama dengan partner lokal Konsorsium Pembaharu Banten dengan supporting system dari BK3S Provinsi Banten dan ICMI Muda Banten menggelar Program Sekolah Gratis untuk Kaum Dhuafa di Provinsi Banten.

Program SMART EKSELENSIA merupakan program beasiswa selama mengikuti sekolah SMP sampai SMA atas dana Dompet Dhuafa. Peserta diambil dari Siswa SD/MI dari Golongan Dhuafa dengan nilai rata-rata tanpa ada nilai 5.

Apatisme dari kaum dhuafa untuk dapat meneruskan anaknya bersekolah ketingkatan atas akan terbantu dengan adanya program tersebut. ICMI Muda menegasikan keberpihakannya pada persoalan keummatan pendidikan khususnya potensi kesempatan sekolah gratis bagi dhuafa yang menjadi objek mayoritas penduduk di Provinsi Banten.

Penyebaran ke 1000 sekolah SD/MI di Provinsi Banten, Meliputi Cilegon (50), Serang (390), Pandeglang (230) dan Lebak (330) kecuali wilayah Tangerang. Besarnya sebaran tersebut merupakan bukti kongkrit keberpihakan ICMI Muda dalam dakwah sosial. Target utama selain memberikan kesempatan beasiswa full coverage selama SMP-SMA di LPI-DD, adalah terbangunnya database potensi dhuafa putus sekolah. Sebagai contoh; bila didapatkan input dari 1000 sekolah mengirimkan 10 siswanya yang berkategori dhuafa dan mempunyai kecerdasan, maka dapat dibayangkan 10.000 siswa pintar akan berpeluang tidak sekolah tahun depan. Dengan gambaran potensi negatif tersebut, sebaiknya segenap stakeholder ikut andil membantu secara maksimal sebelum jatuh waktu ahir kelulusannya.

Keterbatasan quota untuk program beasiswa Dompet Dhuafa tersebut diharapkan menjadi triger bangkitnya jamaah sosial tajir-tajir di Banten untuk membantu kaum mustad’afin yang semakin tahun terlilit beban-beban kehidupan yang kompleks.

Human Capital Investment sebaiknya di jadikan prioritas bangsa demi mengengkat harkat umat menuju kejahteraan berdasarkan Al-Qur’an dan As-sunnah. Adalah perbedaan terminologi yang jelas antara umat dan bangsa. bahwa manapun bangsa maju tidak mencerminkan umatnya sejahtera, namun bila suatu umat maju niscaya bangsa akan terangkat martabatnya oleh peran umat yang cerdas sebagaimana para ulil albab hidup di zamannya.

Saatnya kita bersama menaruh perhatian eksta bagi pendidikan gratis untuk dhuafa.

Keterangan lebih detail mekanisme dan prosedur beasiswa SMART EKSELENSIA dapat diakses langsung www.lpi-dd.net
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >