" />
Skip to content

ICMI Muda

Loading...

"Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). QS. Al-Baqarah : 269.

Anda berada disini:    Depan arrow Rubrik arrow ICMI Muda News arrow Muktamar Kukuhkan Nama 'ICMI Muda'
Muktamar Kukuhkan Nama 'ICMI Muda' Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Sabtu, 30 Juni 2007

MAKASSAR -- Seluruh peserta Muktamar I ICMI Muda yang berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari kedua, Senin (24/7), akhirnya menyepakati tetap menggunakan label ICMI (Ikatan Cendekiawan MUslim Indonesia) sebagai embel-embel organisasi. Keputusan ini disepakati secara bulat dalam waktu yang sangat singkat, tidak lebih dari tujuh detik.

Persoalan apakah pengurus ICMI akan menerima atau tidak, peserta muktamar tidak terlalu mempersoalkan. Siapapun pengurus yang nantinya terpilih, berjanji menemui presidium ICMI dan mengomunikasikan hasil muktamar tersebut.

Ketua Tim Kerja Nasional (Tiknas) ICMI Muda, AM Iqbal Parewangi, mengatakan, muktamar merupakan pengambilan keputusan tertinggi. Tidak ada alasan untuk menolak keputusan tersebut. ''Jika pengurus ICMI tetap tidak bisa mengakomodir kehadiran ICMI Muda dalam tubuh ICMI, maka organisasi ini siap menjadi organisasi yang mandiri,'' katanya.

Hasil pleno yang disampaikan Tiknas bersama seluruh perwakilan Tim Kerja Wilayah (Tikwil) dari 23 provinsi juga menilai ICMI tidak perlu menunggu terlama lama hingga Muktamar V untuk menjadikan ICMI Muda sebagai cikal-bakal badan otonom di ICMI. ''Organisasi ini sudah ada. Tidak perlu menunggu cikal-bakal, karena ini (ICMI Muda) sudah menjadi buah,'' ujar Iqbal.

Direktur Gama College itu yakin dan percaya akan ada perubahan sikap dari presidium ICMI. ''Presidium ICMI juga manusia dan mereka adalah manusia-manusia pilihan umat dan bangsa sehingga pasti punya kearifan,'' tandasnya. Hal yang menarik disimak dalam muktamar ini adalah tidak terlihatnya gerilyaa-gerilya tim sukses untuk pencalonan kandidat ketua. Padahal dalam ajang muktamar organisasi apapun, biasanya pembicaraan dan lobi-lobi untuk posisi ketua sudah ramai dibicarakan.

Yang telihat ramai dibahas justru program-program yang akan dilakukan ICMI Muda kelak. Dalam rancangan ketetapan ICMI Muda yang disusun Tiknas, terlihat garis besar program ICMI Muda adalah gerakan

Program gerakan tersebut adalah konsolidasi organisasi, dakwah sosial, kaderisasi, pemikiran dan kebudayaan, serta pemberdayaan masyarakat. Menurut koordinator Tikwil NTB, Syahruna, program gerakan akan memfokuskan pada pemberdayaan perempuan, peningkatan pendidikan, dan kesehatan. Sementara Tikwil Maluku mengharapkan ICMI Muda dapat menjadi motor penggerak pembangunan maluku yang sudah porak-poranda akibat konflik horizontal beberapa waktu lalu. ina( )

 
< Sebelumnya   Selanjutnya >