" />
Skip to content

ICMI Muda

Loading...

"Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). QS. Al-Baqarah : 269.

Anda berada disini:    Depan arrow Organisasi arrow Tentang ICMI Muda arrow Makna Logo ICMI Muda
Makna Logo ICMI Muda Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Minggu, 24 Desember 2006

 

Logo ICMI Muda berupa kaligrafi berisi 5 (lima) abstraksi dari kalimat tauhid“laailaha illallah”, membentuk lingkaran berbunga yang dinamis. Tulisan kaligrafi berwarna keemasan dengan latar belakang bingkai berwarna biru. 

Makna Logo :

  1. Kaligrafi laa ilaaha illalah, tiada Tuhan Selain Allah, merupakan acuan, pondasi dan tujuan ICMI Muda. laa ilaaha illalah adalah kalimat tauhid yang bermakna persaksian bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, yang memiliki sifat wajibul wujud, sehingga peribadatan dan taqdis (penyucian) semata-mata hanya untuk-Nya dan secara pasti menolak/menyingkirkan segala ketergantungan dan bentuk ibadah kepada selain Allah SWT. Logo menegaskan bahwa hanya Allah SWT semata yang menjadi sandaran perjuangan ICMI Muda dan semata-mata mengaktualisasikan nilai-nilai tauhid untuk kepentingan umat, bangsa dan negara. Adapun 5 (lima) buah kaligrafi dalam kesatuan merupakan perwujudan rukun Islam, bermakna Islam sebagai sistem hidup senantiasa menjadi anutan gerak dalam mewujudkan visi dan misi ICMI Muda.
  2. Gambar kaligrafi berbentuk lingkaran berbunga yang dinamis. Bermakna bahwa ICMI Muda adalah wadah untuk menanamkan sistem nilai, menggali dan mengembangkan potensi untuk diaktualisasikan bagi kepentingan ummat dan bangsa. Dengan demikian aktifis ICMI Muda dituntut mampu menjadi panutan dan secara kelembagaan ICMI Muda dituntut memberikan manfaat nyata bagi lingkungannya, dengan memposisikan diri sebagai organisasi yang senantiasa bergerak dinamis dan maju dalam gerakan dakwah sosial, gerakan pemikiran dan kebudayaan, gerakan kaderisasi dan gerakan pemberdayaan masyarakat. Warna emas pada tulisan kaligrafi dan ICMI Muda bermakna bahwa ICMI Muda dengan batasan usia 26 sampai 45 tahun merupakan usia keemasan, yaitu emas kesadaran, emas kecerdasan, emas kecendekiaan, serta emas semangat dan cita-cita.
  3. Latar belakang berwarna biru merupakan perwujudan bingkai alam, Bermakna bahwa ICMI Muda berperan mewujudkan Islam sebagai Rahmatan lil alamien atau rahmat bagi semesta alam. Di alam semesta ada Indonesia, ada umat Islam, ada umat manusia serta ada kehidupan. Dengan karunia berupa nikmat hikmah yang berlimpah, cendekiawan muslim muda dalam kedudukannya sebagai abdi Allah subhanahu wataala selaku warga negara Republik Indonesia yang sadar akan besarnya tantangan perubahan paradigmatis internal dan eksternal yang sedang dan akan dihadapi oleh bangsa, berusaha mengembangkan peluang dan merumuskan pemikiran dan konsep strategis, sekaligus mengupayakan pemecahan konkret permasalahan strategi lokal, regional, nasional dan global

 

 


 

 
< Sebelumnya