" />
Skip to content

ICMI Muda

Loading...

"Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). QS. Al-Baqarah : 269.

Anda berada disini:    Depan arrow Organisasi arrow Tentang ICMI Muda
Tentang ICMI Muda
DIAGRAM 8 of ICMI Muda Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Sabtu, 30 Juni 2007
DIAGRAM 8 of ICMI MudaICMI Muda(Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia Muda)

(Disampaikan oleh Ketua Presidium MP ICMI Muda Pusat pada Lokakarya Nasional Ke-1 ICMI Muda)

Selengkapnya...
 
ICMI Muda, Meretas Jalan Sejarah Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Sabtu, 30 Juni 2007
Alhamdulillahirabbil’alamin, setelah melewati jalan panjang, sempit, tajam dan berliku, pada hari ini, Ahad tanggal 23 Juli 2006, segenap perwakilan cendekiawan muda muslim dari seluruh penjuru tanah air tercinta Indonesia, yang ternafasi oleh spirit keislaman, keindonesiaan, kecendekiaan, dan kemudaan, akhirnya dapat berkumpul di tempat ini. Kita berkumpul dengan kerendahan hati yang cerdas, niat tulus yang konsisten, dan keteguhan sikap nan santun, untuk secara bersama-sama memancangkan sejarah baru kecendekiawanan.
Selengkapnya...
 
PERSPEKTIF DAN ORIENTASI GERAKAN Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Sabtu, 30 Juni 2007
ICMI Muda bertujuan menghimpun dan menggerakkan potensi cendekiawan muslim muda dalam mewujudkan tata kehidupan masyarakat madani yang damai, adil dan sejahtera lahir batin, yang diridhai Allah subhanahu wataala, dengan meningkatkan mutu keimanan dan  ketaqwaan, pemahaman, dan pengamalan ajaran Islam, kecendekiaan dan peran serta cendekiawan muslim muda se-Indonesia. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, antara lain melalui empat ruang lingkup gerakan ICMI Muda, yaitu gerakan dakwah sosial, gerakan pemikiran dan kebudayaan, gerakan kaderisasi, dan gerakan pemberdayaan masyarakat, ICMI Muda perlu menyusun program kerja organisasi, meliputi rencana kerja, pola manajemen, mekanisme, dan langkah-langkah operasionalisasinya, serta pengelolaan sumber daya.
Selengkapnya...
 
Filosofi dan Profil Kepribadian Cendekiawan Muslim Muda Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Sabtu, 30 Juni 2007

Cendekiawan ialah orang yang mempunyai wawasan, sikap dan perilaku cendekia, yang tercermin dalam kemampuannya untuk menatap, menafsirkan, dan merespons lingkungan hidupnya dan perkembangan masyarakatnya dengan sikap kritis, kreatif, obyektif, dan analitis, atas dasar tanggung jawab moral dan kemanusiaan.

Persepsi masyarakat tentang pribadi muslim memang berbeda-beda, bahkan banyak yang pemahamannya sempit sehingga seolah-olah pribadi muslim  tercermin pada orang-orang yang rajin melaksanakan Islam dari aspek ubudiyah, padahal itu hanya salah satu aspek yang harus ada dalam diri pribadi seorang muslim. Oleh karena itu standard pribadi muslim yang berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah merupakan sesuatu yang wajib dirumuskan, sebagai acuan bagi pembentukan pribadi muslim. Bila disederhanakan, sekurang-kurangnya terdapat 10 (sepuluh) profil atau ciri khas yang hendaknya ada pada pribadi seorang muslim.

Selengkapnya...
 
Executive Summary ICMI Muda Buat halaman ini dalam format PDF Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Kamis, 28 Juni 2007
Analogi untuk menggambarkan hubungan ICMI Muda dengan ICMI, seperti niat awal, yaitu: anak dengan orangtua, atau adik dengan kakak. ICMI Muda diniatkan berperan untuk semakin mengilau-suburkan ICMI, yaitu sebagai lembaga kaderisasi, penopang, dinamisator, dan inspirator bagi ICMI. Dalam konteks lebih luas, ICMI Muda digagas untuk umat. ICMI Muda lahir dari kontraksi rahim empati yang sangat kuat terhadap kondisi kesejarahan dan kekinian umat—termasuk ICMI dengan keutuhan realitasnya dan ICMI sebagai salah satu komponen strategis umat dan bangsa.
Selengkapnya...